Blog

14 Manfaat Menggunakan Taman Vertikal

14 Manfaat Menggunakan Taman Vertikal

14 manfaat Taman Vertikal

Taman yang tumbuh secara vertikal, menjadi sangat populer saat ini. Popularitas itu semata-mata susahnya lahan yang cukup untuk membuat taman secara landscape (horisontal). Taman vertikal tidak memerlukan halaman belakang rumah yang luas dan besar. Taman vertikal cukup berdiri tegak di dinding baik dalam maupun dinding luar rumah. Selain hemat tempat, berikut ini manfaat lain dari taman vertikal.

  1. Taman vertikal dapat melindungi eksterior rumah. Dengan adanya taman vertikal dinding atau eksterior rumah dapat terlindungi dari paparan sinar matahari dan juga melindungi cat tembok terkena air hujan.
  2. Metode penanaman taman vertikal juga bisa bertindak sebagai isolasi dari sinar matahari yang menerpa rumah, dan juga meningkatkan efisiensi energi dari rumah kita. Efisiensi energi yang dimaksud disini adalah pemakaian AC, di saat cuaca terik, taman vertikal berfungsi untuk mereduksi cahaya matahari sehingga suasana di dalam rumah terasa teduh dan sejuk. Jika di saat musim penghujan, vertikal garden dapat menghangatkan ruangan di dalam rumah.
  3. Taman vertikal mampu mengurangi efek masuknya sinar matahari ke dalam rumah, sehingga rumah akan terasa teduh dan nyaman, serta menciptakan pemandangan indah bagi orang-orang disekitarnya.
  4. Taman vertikal yang dibiarkan tumbuh di pagar, tidak hanya menambah estetika untuk tampilan rumah kita, tetapi juga menjadi filter untuk mengurangi kebisingan.
  5. Konsep taman vertikal ini dapat juga digunakan untuk menutupi benda-benda yang kurang menarik, misalnya coretan di tembok, kotak meteran listrik, maupun benda-benda lainnya yang kurang enak dipandang mata.
  6. Taman vertikal yang ditanam di dalam ruangan, dapat menjadi pembatas ruangan sehingga menciptakan keindahan di dalam ruangan.
  7. Selain untuk  memperindah ruangan, taman vertikal yang berada di dalam ruangan berfungsi sebagai penghasil udara yang baik. Taman vertika memperbaiki kualitas udara baik di dalam rumah maupun di sekitar rumah. Tanaman pada taman vertikal menyerap karbon dioksida dan juga polusi yang berasal dari dalam rumah, misal debu yang sering menempel pada karpet dinding dan sebagainya.
  8. Taman vertikal bisa dibuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, seperti botol bekas. Dari botol bekas ini bisa dijadikan pot yang nantinya diletakkan pada kontruksi atau frame yang sudah dibuat sebelumnya pada dinding rumah. Hal ini juga merupakan usaha untuk mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai.
  9. Untuk orang-orang yang tinggal di apartemen perkotaan atau bekerja di kantor, taman vertikal dapat menyediakan akses keindahan alam yang menenangkan, yang diperlukan untuk kesehatan mental.
  10. Taman vertikal tidak memerlukan usaha yang ekstra untuk merawatnya, karena kita tidak perlu untuk membungkuk untuk melakukan perawatan seperti memotong daun, menyirami, dan memberi pupuk. Hal ini dapat meringankan kondisi tubuh kita, terutama bagi orang tua yang rentan terkena sakit punggung.
  11. Taman vertikal juga merupakan solusi bagi kita yang mempunyai halaman dengan kualitas tanah yang buruk. Kita hanya perlu membuat kerangka untuk menempelkan tanaman pada dinding kita, sehingga kita tidak perlu membuang banyak waktu dan uang untuk memperbaiki halaman tersebut.
  12. Taman vertikal juga fleksibel, bisa ditempatkan jauh dari hewan dan serangga hama seperti kelinci, siput, dan serangga hama lain, sehingga kita bisa berkebun organik tanpa menggunakan pestisida dan jauh lebih mudah.
  13. Taman vertikal lebih mudah dalam mengontrol penyebaran gulma, dan juga waktu yang kita gunakan untuk berkebung jadi jauh lebih singkat.
  14. Tanaman yang tumbuh ke atas akan lebih banyak menerima sinar matahari dan meningkatkan  sirkulasi udara.

Demikian beberapa manfaat penggunaan taman vertikal. Untuk informasi seputar vertical garden yang kami buat bisa langsung cek pada website kami.

Share this Post:  

Comments