Blog

6 Vertical Garden Menakjubkan di Dunia

6 Vertical Garden Menakjubkan di Dunia

Seperti yang banyak diketahui, vertical garden kini menjadi tren terbaru untuk memiliki taman meskipun lahan terbatas. Dengan berbagai teknologi agrikultur yang terus berkembang, kita bisa menikmati pemandangan hijau pada gedung-gedung pencakar langit. Vertical garden pada dasarnya membutuhkan biaya yang cukup besar, oleh karena itu di Indonesia sendiri, vertical garden mulai bisa dijumpai di beberapa kota besarnya. Berbeda dengan di Indonesia, di beberapa negara maju sudah mulai terlihat untuk mengaplikasikan bentuk taman vertikal ini ke gedung-gedung bertingkat mereka. Berikut ini beberapa vertical garden yang ada di dunia.

  1. Vertical Garden, Sydney, Australia

Vertical garden yang terletak di Sydney, Australia ini tercatat sebagai taman vertikal tertinggi di dunia. Perancangnya merupakan seorang botanist yang juga merupakan pioneer dalam membuat vertical garden, yaitu Patrick Blanc. Sebagai bangunan residensial, tentunya gedung itu membutuhkan banyak tenaga pendingin. Adanya taman vertikal ini membantu mengurangi konsumsi energi pendingin udara di dalam gedung. Memang tidak semua dinding ditutupi dengan tanaman, akan tetapi hal ini tetap menjadi aksen seni yang indah. Dengan adanya 190 tanaman asli Australia dan 160 tanaman eksotik lainnya, membuat taman ini makin terlihat cantik dengan ragam warna, bentuk, dan tekstur yang unik. Patrick Balnc sendiri telah bergelut di dunia vertical garden lebih dari 30 tahun, sehingga karyanya sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Vega Sydney Australia

  1. Vertical Forest Milan, Italia

Hutan vertikal ala Kota Milan. Bangunan residensial yang konsepnya bukan lagi taman melainkan hutan vertikal. Berbagai macam tanaman hias ditanam untuk menyelimuti bangunan tersebut, tetapi bukan hanya tanaman hias kecil saja, ada juga pohon-pohon eksotis lainnya yang ditanam, sehingga membuat bangunan ini menjadi hutan vertikal. Setiap balkon pada hunian gedung ini ditanami sebanyak mungkin pohon yang mampu ditampung. Proyek ini merupakan karya dari Stefano Boeri, dan hasilnya sungguh menganggumkan. Total dua tower residensial siap huni, lengkap dengan taman di balkon dan pohon yang akan memasok udara segar di setiap hunian. Bisa kita bayangkan jika hal ini diterapkan pada apartemen-apartemen yang ada di Indonesia, polusi udara kota akan berkurang secara signifikan.

Vertical Forest Milan

  1. Vertical Garden Paris

Paris, terkenal sebagai kota mode, bukan hanya masalah warganya yang ingin tampil modern dan fashionable, tetapi juga gedung-gedung di Paris “didandani” sehingga membuatnya semakin indah dan cantik. Salah satu karya Patrick Blanc di Paris, vertical garden yang menyelimuti salah satu gedung di Paris ini. Tak hanya bangunan residensial yang disulap menjadi bangunan hijau, akan tetapi juga gedung komersil dan perkantoran. Hal ini semakin menekankan bahwa Paris merupakan kota mode dan indah.

Vertical Garden Paris

  1. Vertical Garden Hotel Park Lane, London

Hotel Park Lane, yang terletak di London, menjadi salah satu hotel ikonik yang ada di London. Hotel ini menjadi ikon karena memiliki konsep bangunan hijau dengan mengaplikasikan vertical garden pada salah satu sisi dinding hotel tersebut. Vertical garden yang menghias setinggi bangunan tersebut, menjadi daya tarik pengunjung hotel, bahkan juga sering digunakan untuk latar orang-orang untuk berfoto. Vertical garden ini juga salah satu karya dari Patrick Blanc.

Vertical Garden Park Lane Hotel

  1. Vertical garden Seoul

Tak mau kalah dengan negara-negara yang ada di Eropa, Asia juga menunjukkan kreativitasnya di dunia tanaman dengan adanya vertical garden terbesar di dunia, yang terletak di kota Seoul, Korea Selatan. Vertical garden ini dibuat pada permukaan dinding seluas 1.530 meter persegi, sebanyak 65.000 tanaman dari 14 spesies berbeda menyebar pada permukaan dinding. Vertical garden ini termasuk indoor green wall, karena bagian luar bangunan ini terdapat struktur kaca masif. Vertical garden ini meraih penghargaan sebagai vertical garden terbesar di dunia pada tahun 2013.

Vertical garden Seoul

  1. Taman Gantung Dubai

Dubai, merupakan salah satu wilayah terpanas di dunia. Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan niat untuk membuat kota kaya ini menjadi lebih indah dan sejuk. Salah satunya dengan cara mengaplikasikan vertical garden pada bangunan hotel yang baru dibangun. Hotel Novotel Dubai, mengedepankan konsep bangunan hijau di daerah panas ini. Konsep bangunan hijau pada Hotel Novotel ini tidak sepenuhnya menggunakan vertical garden, akan tetapi dikombinasikan dengan taman gantung yang cukup memebrikan kesejukan tersendiri. Tumbuhan yang menjuntai dari balkon tiap kamar menjadi pemandangan segar di tengah-tengah udara panas kota ini.

Vega and hanging garden Dubai

 

Share this Post:  

Comments